Get this widget:

Selasa, 26 Januari 2016

Smart City For Smart Living


Teknologi semakin berkembang, begitu juga dengan ilmu pengetahuan manusia. Penataan kota menjadi mudah seiring dengan teknologi. Seperti kita lihat di kota-kota besar seperti Jakarta, terlihat berbagai masalah kemacetan, kebakaran, kebanjiran dan lain-lain. Kini dengan perkembangan teknologi, kita bisa memanfaatkan itu guna mengatasi permasalahan-permasalahan di kota.

Smart City atau Kota Pintar ini menjadi resolusi kota yang bisa kita kembangkan. Sekarang jarak dan waktu tidak menjadi masalah. Kita bisa terhindar dari kemacetan bila kita mengetahui informasi dimana titik kemacetan terjadi sehingga kita tahu kapan dan bagaimana yang harus dilakukan agar tidak terjebak macet. Ketika ada kebakaran bisa cepat teratasi karena informasi lokasi kebakaran segera sampai ke pihak terkait sehingga pemadam kebakaran bisa segera datang mematikan kobaran api. Transportasi semakin mudah karena informasi yang interaktif mengenai jadwal dan kuota penumpang yang masih tersisa tersaji dalam genggaman kita. Ketika kriminalitas meraja lela di jalanan, kita tidak perlu takut karena semua itu bisa terekam dan diberitahukan dengan cepat kepada pengaman masyarakat. Ketika ada indikasi bencana bisa segera terdeteksi sehingga masyarakat sempat untuk evakuasi dini. 

Jadi sebenarnya menyelesaikan permasalahan di kota ini tidak selalu melalui penyelesaian fisik, melainkan dapat diantisipasi bila masyarakat mendapatkan informasi-informasi penting yang memudahkan sehari-hari. Smart City adalah bagaimana cara kita memanfaatkan teknologi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kota. Sistem informasi menjadi penting dalam kehidupan kita. Kreativitas dalam pemanfaatan teknologi seperti daur ulang sampah, air, dan listrik bisa membantu kehidupan kita. Akhirnya kota bisa menjadi rapi, tertib dan teratur. Masyarakat bisa hidup nyaman dan damai di dalam kota nya.

Dwi Kunto Nurkukuh, ST. MT.

Tags

0 komentar: